MUDIK LEBARAN: Angkasa Pura I Tambah Jam Operasional Bandara

PT Angkasa Pura I (Persero) akan manambah jam operasional sejumlah bandara yang belum beroperasi 24 jam selama periode Lebaran
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 12 Juni 2018  |  12:23 WIB
Ilustrasi. - .

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Angkasa Pura I (Persero) akan manambah jam operasional sejumlah bandara yang belum beroperasi 24 jam selama periode Lebaran.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan sebagian bandara yang dikelola telah beroperasi 24 jam. Bandara tersebut adalah Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Sam Ratulangi di Manado, dan Bandara Sultan Hassanuddin di Makassar.

"Bandara yang jam operasionalnya belum 24 jam, penambahannya bersifat fleksibel," kata Faik, Selasa (12/6/2018).

Dia menjelaskan fleksibilitas tersebut tergantung dari permintaan slot terbang maskapai yang melewati batas jam operasional. AP I akan menegosiasikan jam kepada bandara tersebut agar tetap bisa melayani penerbangan.

Menurutnya, penambahan jam operasional bisa turut meningkatkan kapasitas bandara. Permintaan penerbangan tambahan yang diajukan maskapai selama periode Lebaran di 13 bandara pengelolaan AP I mencapai 1.500 flight.

"Jumlah tersebut menambah sekitar 250.000 seat di luar penerbangan reguler," ujarnya.

Dia memprediksi kenaikan penumpang di seluruh bandara kawasan tengah dan Timur Indonesia di bawah pengelolaan AP I mencapai 6% atau sejumlah 5,5 juta orang. Adapun, periode Lebaran tahun sebelumnya mencatatkan jumlah 5,2 juta orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top