Bantu Mudik, Kemenhub Siagakan Ratusan Kapal KPLP

Kementerian Perhubungan siagakan kapal Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai untuk mengangkut para pemudik Idulfitri 2018.
Pemudik. - .Antara

Bisnis.com,JAKARTA- Kementerian Perhubungan siagakan kapal Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai untuk mengangkut para pemudik Idulfitri 2018.

Ketua Posko Pemantauan Arus Mudik Kementerian Perhubungan, Junaidi menjelaskan bahwa Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memang menginstruksikan agar kapal-kapal tersebut disiagakan untuk mengangkut penumpang mudik, pada kondisi tertentu.

“Kondisi tertentu itu, seperti terjadi kepadatan yang luar biasa sebagaimana yang terjadi belum lama ini di Madura dan Banyuwangi,” ujarnya, Selasa (12/6/2018).

Dia melanjutkan, setelah kepadatan di pelabuhan terurai, kapal-kapal milik KPLP tersebut akan kembali disiagakan di pangkalan dan para penumpang kembali diarahkan untuk menggunakan kapal komersial.

Secara keseluruhan, lanjutnya, ada ratusan kapal milik KPLP yang disiagakan pada 15 pangkalan yang tersebar di seluruh Indonesia seperti di Tanjung Priok, Tanjung Perak, Uban, Biting serta Tual. Kapal-kapal itu, lanjutnya tidak disiapkan untuk membawa penumpang pada pelayaran jarak jauh sehingga disiagakan untuk menyeberangkan penumpang pada pelayaran jarak dekat.

Berdasarkan pemantauan di 52 pelabuhan, secara keseluruhan, sejak H-15 hingga H-3 pukul 13.00 WIB, tahun ini sudah ada 615.500 penumpang yang menggunakan angkutan laut. Kepadatan penumpang terjadi di beberapa pelabuhan seperti Sampit, Makassar, Tanjung Perak serta Tanjung Priok.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup