MUDIK LEBARAN 2018: Kenaikan Transaksi Agen Travel Tak Sesuai Ekspektasi

Jelang Lebaran 2018, Asosiasi Travel Agent Indonesia mengungkapkan penjualan tiket tidak sesuai ekspektasi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 13 Juni 2018  |  10:09 WIB
Calon penumpang mengantre untuk lapor diri di Terminal Keberangkatan 1 C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/6). - Antara/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang Lebaran 2018, Asosiasi Travel Agent Indonesia mengungkapkan penjualan tiket transportasi tidak sesuai ekspektasi.

Wakil Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), Rudiana, mengungkapkan musim Lebaran kali ini penjualan tiket tidak seramai musim sebelumnya.

"Terjadi lonjakan lumayan tapi dibilang bagus sekali juga enggak, ada peningkatan 15%. Padahal ekspektasinya sekitar 20%-30%,"ungkapnya kepada Bisnis, Rabu (13/6/2018).

Menurutnya, puncak musim atau peak season kali ini merupakan gabungan dari musim Lebaran 2018 dan libur sekolah. Oleh karena itu, peningkatan seharusnya cukup signifikan.

Pria berkumis ini mengungkapkan masyarakat Indonesia sudah mulai cerdas dalam memesan tiket, kebanyakan dari mereka sudah memesan tiket dari jauh-jauh hari, seperti pada travel fair awal tahun lalu.

Faktor lain yang menyebabkan tidak begitu melonjaknya penjualan karena daya beli masyarakat yang ia nilai masih rendah.

Ia juga tidak begitu mengharapkan pemasukan dari arus balik karena kebanyakan pemudik melakukan perjalanan satu arah atau sudah membeli tiket pulang jauh-jauh hari.

"Kita di travel ada penurunan jumlah, presentasenya turun dibanding tahun lalu. Mudahnya tahun lalu untuk tour, bisa sampai 150 grup sekarang hanya dua pertiganya, 75-100 grup," imbuhnya.

Menurutnya, jadwal penerbangan tambahan merupakan usaha untuk mencapai target penerbangan bukan karena high season.

Sebelumnya, AirNav Indonesia sudah menyetujui 6.923 penerbangan tambahan selama periode mudik Lebaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top