Lebaran Sebentar Lagi, Simak Tips Persiapan Khusus & Umum Saat Mudik

Dua hari menjelang lebaran, masyarakat mulai melakukan perjalanan mudik. Namun, bagi Anda yang tengah melakukan persiapan mudik, ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 13 Juni 2018  |  10:14 WIB
Calon penumpang berjalan menuju ruang tunggu Stasiun Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/6/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Dua hari menjelang Lebaran, masyarakat masih ada yang melakukan perjalanan mudik. Supanya nyaman selama perjalanan ke kampung halaman, da sejumlah persiapan yang perlu dilakukan.

Dikutip dari laman I Love Life dari Astra Life, berikut persiapan penting yang perlu dilakukan penderita kondisi khusus yang ingin melakukan mudik.

Persiapan Umum:

1. Lakukan Medical Checkup
Masyarakat perlu melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan sekaligus mendeteksi ada atau tidaknya penyakit sejak dini. Beberapa kondisi yang diperiksa pada saat medical check up yaitu berat badan, gula darah, tekanan darah, kadar kolesterol, serta kesehatan jantung, mata, tulang, gigi, dan kulit.

2. Miliki Asuransi Personal Accident
Dalam polis asuransi kecelakaan diri, penanggung akan memberikan perlindungan kepada tertanggung terhadap risiko meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi pada masa berlakunya pertanggungan sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku dalam polis (pengecualian manfaat asuransi meninggal dunia dapat dibaca di sini).

Persiapan Khusus:

1. Perempuan Hamil
Ibu hamil harus melakukan medical check-up sebelum mudik. Ibu hamil dapat melakukan perjalanan mudik jika dokter mengatakan kondisi kehamilan baik dan sehat. Trimester kedua (18-24 minggu) adalah waktu paling ideal bagi ibu hamil untuk bepergian jauh.

Selain itu, ibu hamil disarankan mengenakan pakaian yang nyaman selama perjalanan. Tidak lupa membawa identitas lengkap dan nomor telepon penting seperti dokter kandungan atau bidan yang mudah dihubungi bila terjadi keadaan darurat di perjalanan.

Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, sempatkan berhenti setiap beberapa jam sekali untuk menggerakkan badan dan melenturkan kaki agar tidak kram. Jika punggung terasa sakit atau pegal, ganjal dengan bantal.

2. Penderita Diabetes
Hal yang perlu diantisipasi penderita diabetes saat mudik adalah hipoglikemia, yaitu saat kadar gula darah sangat rendah di bawah normal. Bila tidak segera ditangani, Anda dapat kehilangan kesadaran. Maka berikut hal-hal penting lain yang juga perlu diingat.

Berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mudik. Bawa obat dan alat ukur darah sehingga Anda dapat mengecek kadar gula darah secara rutin. Jaga pola makan, usahakan tetap makan secara teratur, dan membawa camilan sehat seperti buah untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Bagi penderita diabetes tipe 1, jangan lupa membawa insulin. Simpan di tempat yang aman namun mudah dicari saat dibutuhkan.

3. Penderita Alergi
Bagi penderita alergi, pastikan untuk membawa obat alergi, kartu alergi, dan bekal makanan yang tidak memicu timbulnya alergi. Kartu alergi penting dibawa, terutama bagi Anda yang harus mudik seorang diri. Kartu ini berisi informasi tentang daftar alergen yang perlu dijauhi, obat yang perlu diminum bila gejala alergi kambuh, serta pertolongan pertama untuk alergi yang diderita.

4. Penderita Mabuk di Perjalanan
Bagi Anda yang menderita mabuk perjalanan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari mabuk di perjalanan di antaranya, makan sebelum berangkat, pastikan makan cukup pada 1-2 jam sebelum bepergian sehingga tubuh memiliki energi cukup untuk menempuh perjalanan panjang.

Selain itu, Anda harus relaks selama di perjalanan, hindari melakukan kegiatan yang dapat membuat mata, telinga, dan otak Anda bekerja keras mencerna informasi seperti membaca buku atau bermain gawai karena dapat memicu rasa mual.

Minum obat anti-mabuk perjalanan, menimbulkan rasa kantuk sehingga tubuh Anda “dipaksa” untuk beristirahat sepanjang perjalanan dan terhindar dari mual atau pusing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top