MUDIK LEBARAN 2018: Begini Cara Aman Tinggalkan Rumah

Dua hari menjelang lebaran, masyarakat mulai melakukan perjalanan mudik. Sebelum melakukan perjalanan mudik, Anda perlu memastikan untuk meninggalkan rumah tetap aman.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 13 Juni 2018  |  10:50 WIB
Rumah pesisir - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dua hari menjelang lebaran, masyarakat mulai melakukan perjalanan mudik. Sebelum melakukan perjalanan mudik, Anda perlu memastikan untuk meninggalkan rumah tetap aman.

Dikutip dari laman resmi PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) berikut tip meninggalkan rumah agar tetap aman:

1. Gunakan lampu otomatis

Penggunaan lampu otomatis dapat mengelabui para pencuri seakan-akan rumah berpenghuni, karena lampu tidak menyala di saat hari masih terang.

2. Perbarui keamanan

Pemilik rumah wajib dapat memperbarui keamanan dengan menggunakan gembok yang tidak mudah dirusak alias anti-maling dan cairan kimia agar rumah tetap aman. Biasanya para pencuri akan merusak sistem keamanan (gembok) rumah secara manual atau diberi cairan kimia agar rusak.

3.Matikan semua elektronik

Selain melindungi rumah dari aksi kejahatan, Anda tidak boleh mengabaikan peralatan seperti elektronik yang bisa menimbulkan korsleting pada listrik yang tidak stabil atau pun dari sambaran petir ketika hujan.

4. Copot gas dari regulator

Sebelum meninggalkan rumah untuk melakukan perjalanan mudik, lepaskan gas dari regulator-nya guna menghindari kebocoran. Kemudian, tutup regulator dengan plastik agar sisa gas pada selang yang bisa memicu kebocoran dan kebakaran tidak keluar.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top