LIBUR LEBARAN 2018: Wisata ke Luar Negeri Jadi Pilihan

Wisatawan mancanegara turun menjelang Lebaran 2018, sedangkan arus kunjungan ke luar negeri meningkat.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 13 Juni 2018  |  12:31 WIB
Walt Disney. - .Reuters

Bisnis.com, JAKARTA- Kunjungan wisatawan mancanegara turun menjelang Lebaran 2018, sedangkan arus kunjungan ke luar negeri meningkat.

Ketua Association of Indonesian Tours and Travel (Asita), Asnawi Bahar, mengungkapkan wisatawan mancanegara (wisman) sudah paham kebiasaan selama musim Lebaran.

"Mereka [wisman] paham suasana di semua destinasi pasti penuh, macet, hotel-hotel di destinasi utama penuh. Sehingga untuk wisman terjadi penurunan karena sudah paham betul musim Lebaran seperti apa," jelasnya kepada Bisnis, Rabu (13/6/2018).

Dia juga meneruskan untuk masyarakat banyak yang berangkat dengan niat mudik Lebaran aktivitas perjalanan akan mengalami peningkatan signifikan. Namun, kebanyakan dari mereka berangkat sendiri tidak menggunakan jasa travel.

Menurutnya peningkatan terjadi pada wisatawan domestik yang berkunjung ke luar negeri. Waktu libur yang cukup panjang mencapai 9 hari menyebabkan wisatawan yang tidak merayakan Lebaran memilih berlibur ke luar negeri.

"Perkiraan keluar tinggi, peningkatan 10% dibandingkan periode lalu. Ini tentu juga membuat arus ke luar negeri kita lebih tinggi," imbuhnya.

Destinasi kunjungan pun paling banyak ke negara China, Singapura, dan Hong Kong. Menurutnya, wisatawan kalangan menengah memilih negara-negara yang dekat seperti Malaysia dan Singapura.

Bagi masyarakat pendapatan tinggi mereka lebih memilih berkunjung ke negara-negara di Eropa.

Selain itu, Asnawi juga menjelaskan para pemudik setelah proses ritual lebaran selesai akan menggunakan waktunya untuk pergi ke tempat-tempat wisata di daerah masing-masing.

Momentum ini menurutnya akan menjadi 'kue besar' yang dinikmati oleh semua. Asnawi berpesan kepada pengelola seluruh destinasi wisata agar memberikan pelayanan yang baik sehingga para wisatawan akan puas dan kembali lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ramadan

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top