Versi Polisi, Ini Penyebab Lambat dan Padatnya Lalu Lintas di Jalur Mudik

Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 13 Juni 2018  |  16:06 WIB
Antrean kendaraan pemudik di ruas jalan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Karopenhumas Divisi Humas Polri Muhammad Iqbal menginformasikan salah satu yang menjadi penyebab kelambatan dan kepadatan lalu lintas selama arus mudik adalah masyarakat yang berjualan di bahu tol.

Seperti diberitakan sebelumnya, momentum pelesir menjelang dan setelah Lebaran mendatangkan keuntungan bagi warga di sekitar jalur mudik. Tak terkecuali para pedagang "warung Dddakan" di sekitar rest area KM 130.

Para pedagang ini beroperasi di pinggir jalan tol, dekat jalur masuk dan keluar rest area. Sejumlah penganan dan minuman seperti teh, kopi, biskuit, serta mi instan menjadi produk andalan.

"Adanya masyarakat yang berjualan di bahu jalan tol yang mengakibatkan kelambatan dan kepadatan pada ruas jalan tol tertentu," papar Iqbal, Selasa (12/6/2018).

Selain kemunculan "warung dadakan" di sejumlah titik jalur mudik, minimnya jumlah rest area juga disebut-sebut sebagai penyebab terjadi gangguan perjalanan. Terkait dengan hal tersebut, Iqbal mengatakan rest area di jalur mudik perlu ditambah.

"Perlu penambahan rest area pada jalur to,l sehingga pemudik tidak berhenti di bahu jalan yang dapat mengganggu pengemudi lainnya," ujar Iqbal.

Namun, Kementerian Perhubungan justru mengatakan hal sebaliknya. Sumber kepadatan di sejumlah titik jalan tol saat arus mudik karena banyaknya pengendara yang keluar masuk rest area.

Padatnya volume kendaraan tersebut membuat laju kendaraan menjadi terhambat, sehingga terjadi penumpukan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan.

"Kita dua hari ini mengamati melalui udara, yang macet itu tempat-tempat keluar masuk rest area, ini perlu adanya manajemen yang baik," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi di Kemenhub, Senin (11/6/2018).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top