Polri: Rest Area di Jalan Tol Perlu Ditambah

Polri menyarankan penambahan tempat beristirahat bagi para pemudik di jalan tol untuk memangkas gangguan perjalanan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 13 Juni 2018  |  17:33 WIB
Antrean kendaraan pemudik di ruas jalan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Karopenmas Divisi Humas Polri Muhammad Iqbal mengatakan tempat beristirahat alias rest area di jalur mudik perlu ditambah.

Hal ini disampaikan bersamaan dengan upaya kepolisian dalam mengurangi gangguan perjalanan selama arus mudik Hari Raya Idulfitri 2018.

"Perlu penambahan rest area pada jalur tol sehingga pemudik tidak berhenti di bahu jalan yang dapat mengganggu pengemudi lainnya," ujar M. Iqbal, Selasa (12/6/2018).

Kementerian Perhubungan justru mengatakan hal sebaliknya. Sumber kepadatan di sejumlah titik jalan tol saat arus mudik Lebaran disebabkan oleh banyaknya pengendara yang keluar masuk rest area.

Padatnya volume kendaraan tersebut membuat laju kendaraan menjadi terhambat, sehingga terjadi penumpukan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan.

"Selama 2 hari ini kami mengamati melalui udara, yang macet itu tempat-tempat keluar masuk rest area, ini perlu adanya manajemen yang baik," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi di Kemenhub, Senin (11/6/2018).

Jumlah kecelakaan lalu lintas pada arus mudik tahun ini menurun. Data dari tim yang menggelar Operasi Ketupat dari H-8 hingga H-3 Lebaran menunjukkan terdapat 356 kejadian atau berkurang 19%. Adapun jumlah korban meninggal dunia mencapai 227 orang atau berkurang 41%. Sementara itu, total kerugian materiil akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi hingga H-3 mencapai Rp267,22 juta. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
arus mudik

Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top