:Lebaran 2018: Hotel Tugu Tawarkan Menu Ketupat Rural Sense

Hotel Tugu Malang menawarkan menu kuliner ketupat yang melegenda di Nusantara dengan tema The Rural Sense of Ketupat Lebaran 2018.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 14 Juni 2018  |  08:12 WIB
Menu ketupat sumpil Blitar di Hotel Tugu. - .

 

Bisnis.com, MALANG— Hotel Tugu Malang menawarkan menu kuliner ketupat yang melegenda di Nusantara dengan tema “The Rural Sense of Ketupat Lebaran 2018”.

Executive Assisatant Manager Hotel Tugu Malang Crescentia Harividyanti mengatakan Idulfitri selalu identik dengan ketupat. Sajian ketupat menjadi menu yang wajib dihidangkan pada saat Lebaran di Tanah Air.

“Sejarahnya, ketupat ini awalnya diperkenalkan sebagai makanan khas Lebaran oleh Sunan Kalijaga pada saat menyebarkan Islam di Jawa Tengah,” ujarnya di Malang, Kamis (14/6/2018).

Konon, ketupat  kependekan dari “ngaku lepat” atau mengaku salah. Karena itulah, Ketupat juga memiliki filosofi yang dalam. Anyaman ketupat yang rumit menggambarkan rumitnya kesalahan. Pada saat dibelah, terlihatlah bagian dalam kupat yang berwarna putih, menggambarkan hati yang putih bersih setelah mengakui kesalahan dan memaafkan orang lain.

Warna putih bagian dalam ketupat juga menggambarkan hati yang kembali bersih setelah sebulan berpuasa.

“Karena itu pula, Ketupat menjadi simbolisasi Idulfitri dan menjadi menu wajib yang hanya dihidangkan pada saat Lebaran,” ucapnya.

Karena itulah, Melati Restaurant Hotel Tugu Malang mengusung tema “The Rural Sense of Ketupat Lebaran 2018” tahun ini.
Tawaran menu tersebut dimulai 15-30 Juni 2018. Berbagai macam Ketupat dihadirkan selama musim lebaran seperti Ketupat Bebek Dawuhan, Ketupat Gule Kambing,Ketupat Gulai Ikan, kemudian Ketupat Sumpil Blitar,Ketupat Pecel Tumpang,Ketupat Soto Ayam Daha dan tentunya tidak lupa menu ketupat khas kota Malang yaitu Ketupat Orem Orem Malang.

“Tentu saja menu ketupat kami sajikan dengan standar hotel bintang yang melebihi ekspetasi baik kelezatan maupun penyajiannya bila dibandingkan menu aslinya,” katanya.

Penyajian menu tersebut juga momen yang tepat agar para wisatawan maupun pemudik yang menginginkan menu kuliner legenda di daerahnya bisa terpenuhi di Hotel Tugu.

Ketupat Sumpil Blitar terdiri atas ketupat, lodeh sumpil,bumbu urap urap merah, opor ayam, peyek kacang,bubuk koya,sate udang bumbu rujak, dan sambal bajak.

Untuk Ketupat Bebek Dawuhan berupa bebek peking panggang yang disajikan dengan sayur kuah lodeh dengan ketupat. Ketupat Rebung Kepiting merupakan menu ketupat yang disajikan dengan sayur lodeh rebung dan kepiting.

Ketupat Gulai Kambing terdiri atas ketupat disajikan dengan gulai kambing khas Jawa timur, sate kambing,kerupuk ikan, kecap manis, dan jeruk nipis.

Ketupat Gulai Kepala Ikan berupa ketupat disajikan dengan gulai kepala ikan khas pesisir Padang Sumatera, Ketupat Orem-orem Malang merupakan masakan khas Malang, yakni lodeh orem orem , tauge, udang, tempe,koya, dan kerupuk puli.

Ketupat Soto Ayam Daha, ketupat yang disajikan dengan soto ayam Kediri resep tradisional dari Kerajaan Dhaha; Ketupat Pecel Tumpang, ketupat khas Blitar disajikan dengan sayur sayuran, udang goreng,tempe, serundeng,peyek kacang, dan dibumbui oleh saus kacang Tumpang.(k24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ramadan

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top