ARUS BALIK LEBARAN 2018: Gunakan Mobil? Perhatikan 7 Hal Ini

Sesudah menghabiskan masa libur lebaran untuk berkumpul bersama keluarga, para pemudik akan segera meninggalkan kampung halaman dan kembali ke kota. Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik mudik akan berlangsung pada 19 dan 20 Juni 2018.Bagi Anda, pemudik yang mengendarai mobil pribadi, Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance membagikan 7 hal yang harus diperhatikan selama perjalanan. berikut rangkumannya.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 17 Juni 2018  |  10:09 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi jalan tol Semarang-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/6/2018). - ANTARA/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Sesudah menghabiskan masa libur Lebaran untuk berkumpul bersama keluarga, para pemudik akan segera meninggalkan kampung halaman dan kembali ke kota.

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik mudik akan berlangsung pada 19 Juni dan 20 Juni 2018.

Bagi Anda, pemudik yang mengendarai mobil pribadi, Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance membagikan 7 hal yang harus diperhatikan selama perjalanan. berikut rangkumannya.

1. Cek kondisi mobil

Pastikan mobil Anda sudah diservis sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal tersebut guna memberikan jaminan mobil Anda selalu berjalan dengan performa terbaiknya.

"Tidak hanya itu, Anda juga harus mengecek kondisi mobil seperti mesin mobil, radiator, aki mobil, ban mobil atau kondisi angin, maupun oli mobil. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kapasitas mobil. Jangan dipaksakan untuk membawa lebih banyak penumpang," kata Julian belum lama ini.


2. Kondisi tubuh yang sehat

Saat mudik pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat. Kondisi ini akan lebih menguntungkan Anda selama perjalanan maupun silahturahmi begitu sampai kampung halaman.

3. Barang yang harus dibawa

Agar mudik Anda nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak terduga, ada baiknya Anda menyiapkan barang-barang penting untuk perjalanan mudik Anda. Beberapa barang yang harus dibawa antara lain ban serep dan dongkrak, toolkit, alat navigasi, kotak P3K, hingga kartu identitas dan uang tunai.

4. Istirahat setiap 3 jam sekali

Bagi pengemudi ada baiknya Anda perlu beristirahat setidaknya 3 jam sekali. Hal ini diyakini dapat mengembalikan kondisi tubuh dan konsentrasi Anda akan kembali pulih. Anda tidak perlu terburu-buru agar bisa sampai tempat tujuan. Utamakan keselamatan karena keluarga menunggu di kampung halaman.

5. Patuhi peraturan lalu lintas

Selama perjalanan mudik agar tetap selamat dan aman, Anda harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Mengutamakan keselamatan di jalan adalah hal yang berharga untuk Anda dan keluarga.

6. Simpan nomor-nomor penting

Anda sebaiknya menyimpan nomor-nomor penting apabila menghapi keadaan darurat seperti 119 untuk ambulans, 110 untuk kepolisian, 1500 669 untuk NTMC Call Center, ataupun contact center perusahaan untuk mobil derek.

7. Alihkan risiko

Berbagai risiko selama perjalanan mudik akan semakin meningkat seperti risiko kecelakaan hingga kebongkaran rumah yang ditinggali. Pastikan Anda mengalihkan risiko-risiko tersebut dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih sudah tercover berbagai risiko kecelakaan. Tidak hanya itu, pastikan asuransi yang Anda pilih juga melindungi rumah yang ditinggali. Jadi mudik akan semakin tenang.

“Tidak ketinggalan, selama perjalanan Anda juga tetap harus menjaga kondisi psikologis Anda. Tetap kendalikan emosi Anda, agar perjalanan semakin tenang dan nyaman,” tutup Julian.

Selama periode mudik lebaran, Adira Insurance selalu menyiapkan contact centerAdira Care 1500 456 dan rescue unit yang standby 24 jam di Indonesia. Selain itu, Adira Insurance juga berkoordinasi dengan bengkel-bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan terdapat kendaraan yang akan masuk bengkel karena kecelakaan atau berbagai risiko saat mudik lainnya.

Selama periode menjelang mudik Lebaran, setiap tahunnya, Adira Insurance juga rutin mengirimkan edukasi mengenai persiapan mudik yang baik melalui SMS blast maupun social media sehingga diharapkan Pelanggan menjalani mudik dengan aman sehingga dapat meminimalisir kecelakaan terutama dalam menggunakan kendaraan pribadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top