Rapat Penanganan Arus Balik Digelar di Rest Area Tol Cirebon

Berbagai instansi melakukan rapat koordinasi penanganan arus balik libur Lebaran 2018 di rest area KM 208 B, Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018).
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 17 Juni 2018  |  14:15 WIB
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi. - .Dok. NTMC

Bisnis.com, BANDUNG- Berbagai instansi melakukan rapat koordinasi penanganan arus balik libur Lebaran 2018 di rest area KM 208 B, Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018).

Rapat persiapan pengamanan arus balik libur lebaran 2018, dihadiri seluruh instansi terkait, dari Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian PUPR, Jasa Marga, Jasa Raharja,Basarnas dan Pemerintah Daerah. Informasi hasil rapat pun telah dirilis NTMC Polri yang merupakan evaluasi atas penanganan arus mudik sepanjang pekan kemarin.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi mengungkapkan beberapa poin sebagai perbaikan penanganan arus balik antara lain, penambahan toilet di tiap rest area. Selain itu, terdapat penekanan agar papan penunjuk toilet terpasang jelas agar tak menyulitkan masyarakat.

“Nanti pada tiap rest area akan ditambah toilet mobil khusus untuk wanita, untuk laki-laki juga ditambah namun masih yang tradional, namun untuk air bersih jangan khawatir, kami siapkan,” ujarnya.

Selain itu, dari petugas Kementerian Kesehatan juga akan standby di tiap-tiap rest area. Begitu juga Pertamina yang memastikan bahwa stok BBM di rest area siap sedia.

“Jika sewaktu-waktu ada penambahan stok BBM, pertamina juga siap,” tambah Agung.

Untuk manajemen arus lalu lintasnya, Polda Jabar telah berkoordinasi dengan Polda Jateng dan Polda Metro Jaya, apabila ada kepadatan di Jawa Tengah maka akan dibantu dengan rekayasa di wilayah Jabar agar mengurai kepadatan di Jawa Tengah. Begitu pula untuk wilayah Polda Metro Jaya.

“Kami sudah bersinergi antar Polda, dan Polda Jabar menyiapkan dua skenario rakayasa lalu lintas, yakni contra flow dan one way dengan berkoordinasi bersama Korlantas Polri untuk mengalisa dan kita menjalankan,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top