ARUS BALIK LEBARAN 2018: Sidak Terminal Mengwi, Ada 47 Penumpang Tanpa Identitas

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung melakukan sidak ke penumpang arus balik yang ada di Terminal Mengwi sejak Senin (18/6/2018) hingga Rabu (20/6/2018) dengan total penemuan 47 pelanggar.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 20 Juni 2018  |  07:34 WIB
Sidak penumpang arus balik di Terminal Mengwi, Badung. - .

Bisnis.com, MANGUPURA-- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung melakukan sidak ke penumpang arus balik yang ada di Terminal Mengwi sejak Senin (18/6/2018) hingga Rabu (20/6/2018) dengan total penemuan 47 pelanggar.

Sidak terkait kelengkapan identitas penumpang dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan Badung dan polisi setempat. Dari sidak selama tiga hari sejak Senin (18/6/2018) hingga Rabu (20/6/2018 telah ditemukan 47 pelanggar dan 1 orang terlantar. Sidak dilakukan setiap pukul 04.00 WITA sampai 07.00 WITA.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Badung I Wayan Sukanta mengatakan kemungkinan masih ditemukannya penumpang tanpa identitas di Terminal Mengwi karena kurang efektifnya sidak di Pelabuhan Gilimanuk. Tidak dipungkiri juga, kemungkinan ada penumpang yang diturunkan di jalan untuk menghindari sidak di Terminal Mengwi.

"Yang jelas kita Kabupaten Badung menjaring pelanggar yang lolos, dan  seperti tahun ke tahun kita dapat informasi dari sopir bahwa dalam perjalan menuju Terminal Mengwi aad yang diturunkan di tengah jalan," katanya, Rabu (20/6/2018).

Kata dia, pelanggar terbanyak berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Sebagian besar pelanggaran dilakukan karena e-KTP yang telah dibuat belum juga selesai dicetak. Sehingga, masing-masing pelanggar membawa surat penjamin terkait identitas yang belum jadi ini.

Sementara, jika dibandingkan dengan kondisi tahun lalu, menurutnya jumlah pelanggar sudah semakin menurun. Hal itu kemungkinan karena e-KTP yang sudah mulai banyak dimiliki sehingga pencatatan dapat dilakukan lebih mudah secara online.

"Untuk sementara kita belum ada [yang dipulangkan], dari 47 pelanggar yang sisa belum ada penjamin 5 orang, mereka masih kita proses di sini," katanya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top