Kembali dari Mudik, Jangan Lupa Lakukan Ini untuk Berdayakan Desa

Musim mudik Lebaran 2018 akan segera usai dan berganti dengan arus balik mudik. Di beberapa wilayah sudah terlihat kegiatan masyarakat yang ingin kembali ke kota masing-masing.
Pemudik melakukan penyeberangan ke Pulau Jawa melalui Demaga 6 Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan, Lampung - Antara/Ardiansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Musim mudik Lebaran 2018 akan segera usai dan berganti dengan arus balik mudik.

Di beberapa wilayah sudah terlihat kegiatan masyarakat yang ingin kembali ke kota masing-masing.

Menyikapi kegiatan arus balik ini, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan menyatakan kegiatan arus balik ini akan mampu membantu ekonomi daerah desa.

“Usahakan membeli oleh-oleh khas dari daerah masing-masing. Setiap daerah kan memiliki barang khas masing-masing. Dengan membelinya, itu sama saja dengan kita memberdayakan ekonomi daerah asal kita," kata Imam dalam keterangannya, Rabu (20/6/2018).

Imam juga mengimbau para pemudik untuk mengutamakan pasar tradisional. Hal ini diharapkan mampu membantu pergerakan ekonomi di desa atau di daerah asal.

“Dengan berbelanja ke pasar tradisional, maka akan bisa mengembangkan perekonomian daaerah terkait. Hal yang sama juga dapat terjadi jika kita mengunjungi daerah wisata di daerah. Tanpa disadari kita akan memberi pemasukan pada kas daerah sehingga akan menggerakan perekonomian desa,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan agar para pemudik tidak lupa memberikan donasi bagi pembangunan di desa.

Bagi mereka yang memiliki niat investasi, bisa melakukannya dengan membentuk koperasi ataupun usaha mikro dan kecil menengah sejenis.

"Sehingga masyarakat desa bisa terpacu untuk memperbaiki perekonomian mereka,” katanya.

Dengan segala upaya tersebut para pemudik dapat tetap berkontribusi terhadap daerah asal meskipun bekerjadi kota.

"Jangan sia-siakan untuk tetap berkontribusi pada daerah asal, dengan memanfaatkan waktu mudik yang tersisa dan kegiatan arus balik," tutup Imam.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik, Mudik Lebaran 2018

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup