HARI PERTAMA KERJA: 152 Pegawai Pemkot Bolos, Walikota Sebut Soal TKD

Walikota Batam Muhammad Rudi meminta Inspektorat meninjau ulang pemberian tunjangan kinerja daerah (TKD) kepada pegawai yang tak masuk tanpa keterangan di hari pertama kerja setelah libur Lebaran.
Batam. - .Dok. Kementerian Pariwisata

Bisnis.com, BATAM– Walikota Batam Muhammad Rudi meminta Inspektorat meninjau ulang pemberian tunjangan kinerja daerah (TKD) kepada pegawai yang tak masuk tanpa keterangan di hari pertama kerja setelah libur Lebaran.

“Kalau perlu gak tak perlu kasih TKD lagi. Supaya ada efek jera,” ujar Rudi saat memimpin apel pertama setelah libur Lebaran di alun-alun Engku Putri, Kamis (21/6/2018).

Di apel pertama itu, Rudi minta seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) memeriksa kehadiran pegawai di satuannya. Laporan kehadiran pegawai di masing-masing OPD dilaporkan langsung kepada Rudi di lapangan sebelum apel dimulai.

Menurut laporan tersebut, ada 239 pegawai yang tak hadir pada apel pertama pasca libur lebaran. Sekitar 152 diantaranya tak hadir tanpa keterangan apapun. Sementara sisanya cuti, sakit dan izin karena kepentingan mendesak.

Pegawai di Sekretariat DPRD Batam paling banyak tak hadir dengan total 32 pegawai. Disusul pegawai di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) sebanyak 24 orang. Sementara 7 pegawai kantor kecamatan tak bisa hadir karena tak menyeberang pulau dengan alasan ombak kuat.

Evaluasi TKD menjadi salah satu upaya Pemko Batam untuk memberikan hukuman kepada pegawai yang dinilai tak disiplin. Pasalnya, Pemko Batam baru saja menaikan jumlah TKD bagi pegawainya di tahun ini.

Selain itu Pemko Batam juga sudah mengorbankan sejumlah kegiatan untuk memenuhi THR semua pegawai. Harusnya tak ada alasan bagi pegawai tak hadir di hari pertama masuk kerja setelah liburan Lebaran.

“ASN [aparatur sipil negara] sudah menikmati libur 15 hari, harusnya semua bisa masuk tepat waktu."

Sementara itu, semua pelayanan publik di bawah Pemko Batam sudah mulai aktif kembali. Termasuk pelayanan perizinan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam. Menurut Laporan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM PTSP) Gustian Riau, hanya ada 1 pegawai yang tak masuk karena cuti melahirkan. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup