LEBARAN 2018: Kemenpan Buka Pengaduan, Terbanyak Soal Kemacetan

Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dioperasikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), menerima sebanyak 1.607 pengaduan masyarakat selama periode cuti bersama dan libur Idulfitri 1439 H, yakni 11-20 Juni 2018.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 21 Juni 2018  |  20:22 WIB
Gedung Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). - Ilustrasi/setkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dioperasikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), menerima 1.607 pengaduan masyarakat selama periode cuti bersama dan libur Idulfitri 1439 H, yakni 11-20 Juni 2018.

Sebagaimana dikutip dari laman Kemenpan, terungkap laporan pengaduan tersebut masuk melalui SMS ke 1708 dan website lapor.go.id. Dalam setiap harinya, tercatat rata-rata 159 laporan masuk.

Dari total jumlah pengaduan 1.607 tersebut, sebanyak 1.295 aduan sudah ditindaklanjuti dan sembilan aduan masih dalam proses penyelesaian. Sementara itu, 24 aduan belum diproses, 278 aduan sudah dihapus, dan satu aduan ditunda.

Berdasarkan data yang masuk, ada 5 topik masalah yang paling banyak dilaporkan yakni kemacetan, THR, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Ketenagakerjaan.

Atas laporan-laporan itu, Kementerian PANRB meneruskannya ke Kementerian atau Satuan  Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Tidak hanya meneruskan, pemerintah dan pelapor juga bisa memantau sejauh mana laporan itu diproses.

Sistem LAPOR! dipantau melalui Command Center yang berada di Kantor Kementerian PANRB. "Sistem LAPOR! ini akan jadi pusat pelaporan nasional yang sebelumnya dikelola KSP dan sekarang kita kelola di Command Center. Semua terintegrasi di sana," kata Menteri PANRB, Asman Abnur, Kamis (21/6/2018).

Dalam periode masa pengaduan tersebut, Kedeputian Pelayanan Publik Kementerian PANRB melakukan sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR! di sejumlah titik sepanjang arus mudik dan arus balik di Pulau Jawa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ramadan, cuti bersama

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top