Mudik 2018 Lancar, Pemprov Sumbar akan Tingkatkan Penggunaan Jalur Alternatif

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menilai pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2018 di daerah itu berjalan lancar dan sesuai rencana.
Jam Gadang Bukittinggi - Bisnis.com

Bisnis.com, PADANG— Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menilai pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2018 di daerah itu berjalan lancar dan sesuai rencana.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengapresiasi tim pengamanan yang bertugas selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, sehingga angka kecelakaan dan kemacetan bisa diminimalisir.

“Dari hasil evaluasi, kami lihat koordinasi antar instansi, pengaturan dan pengamanan lalu lintas sudah berjalan dengan baik, jalan alternatif juga disiapkan dengan baik,” ujarnya, Selasa (26/6/2018).

Menurutnya, proses pengamanan sepanjang tahun ini jauh lebih baik dari pelaksanaan tahun sebelumnya, meski masih terjadi kemacetan di beberapa titik.

Dia mengatakan kemacetan hanya terjadi pada H+1 hingga H+3 saat pemudik dan masyarakat mengunjungi objek–objek wisata yang tersebar di hampir seluruh daerah itu.

Beberapa objek wisata yang ramai dikunjungi antara lain Jam Gadang di Bukittinggi, Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar, Pantai Padang, Pantai Carocok di Painan, Kawasan Mandeh, dan Pantai Gandoriah di Pariaman.

Nasrul menyebutkan selain ramainya wisatawan dan masyarakat yang mengunjungi objek wisata, tahun ini volume kendaraan yang memasuki Sumbar juga tergolong sangat tinggi.
Perbatasan Sumbar – Riau misalnya, H–1 dan H+1 Lebaran, jumlah kendaraan roda empat yang memasuki Sumbar mencapai 800 unit per jam. Begitu juga di perbatasan Sumbar – Jambi kendaraan yang masuk mencapai 600 unit per jam.

“Ke depan perlu dimaksimalkan lagi memanfaatan jalur alternatif, sehingga kemacetan bisa diminimalisir,” katanya.

Pemprov Sumbar juga berencana membuka jalan alternatif Bungus – Lubuk Kilangan, sehingga kendaraan dari arah Solok yang hendak menuju Pesisir Selatan tidak perlu lagi memasuki Kota Padang dan melewati Pelabuhan Teluk Bayur.

“Kami akan komunikasikan kembali dengan Pemkot Padang dan Kementerian PUPR untuk pembukaan jalur itu,” ujarnya.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ramadan

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup