Masuki Ramadan, Masjid Terapung Makassar Semakin Elok

Masjid Amirul Mukminin atau Masjid Terapung Makassar makin dinamis dengan plafon baru yang menyemarakkan Ramadan 1440 Hijriah.
Masjid Terapung Amirul Mukminin, Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. - Antara/Yusran Uccang

Bisnis.com, MAKASSAR – Masjid Amirul Mukminin atau lebih sering disebut Masjid Terapung Makassar semakin tampak dinamis dengan plafon baru yang menghias langit-langit masjid untuk menyemarakkan Ramadan 1440 Hijriah.

Bendahara Yayasan Masjid Terapung Makassar Anshari mengungkapkan alasan renovasi plafon karena keadaan hawa laut dan rembesan air hujan yang mengenai plafon lama sehingga mengakibatkan gipsum plafon mengkristal lalu melepuh dan hancur.

"Gipsumnya mengkristal, melepuh, dan hancur, sehingga diganti dengan plafon dengan bahan plastik," ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (12/5/2019).

Pengerjaan langit-langit masjid dua lantai itu memakan waktu selama sebulan dengan anggaran sebesar Rp86 juta. Hasilnya, pengerjaan plafon telah rampung sepekan menjelang Ramadan.

"Jadi, kita tidak mengganti tetapi hanya mengubah. Semuanya tetap sama, tetapi bahan yang kita gunakan lebih tahan dengan hawa air laut yang ada di sekitar masjid," kata dia.

Pelaksanaan ibadah Ramadhan sepekan terakhir, kata Anshari, berjalan lancar. Keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan bulan penuh berkah dianggap sangat aman.

Pihak pengurus masjid menyiapkan CCTV sekaligus terus mengimbau jemaah untuk menjaga barang bawaannya sebelum shalat. "Alhamdulillah tahun lalu tidak ada kecurian. Semoga seterusnya begitu," kata Anshari.

Selain itu, menu buka puasa yang disiapkan panitia Ramadaan masjid asuhan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin itu bagi jemaah telah mencukupi.

Selain pihak hotel yang secara bergantian membawa takjil ke Masjid Terapung Makassar, juga sering hadir partisipasi warga setempat yang tidak terduga.

"Kalau majelis taklim di bawah naungan Bu Aliyah (istri Ilham Arif Sirajuddin, red.) sudah rutin tiap tahun bawa takjil ke sini," ujarnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ramadan, masjid

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup