Sepekan Ramadan, Pedagang Peci di Ambon Raup Keuntungan Berlipat

Pedagang peci musiman di Ambon, Maluku meraih keuntungan signifikan karena tingginya permintaan selama bulan Ramadan 1440 Hijriah.
Ilustrasi pedagang peci. - Antara

Bisnis.com, AMBON – Pedagang peci musiman di Ambon, Maluku meraih keuntungan signifikan karena tingginya permintaan selama bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Seorang pedagang Peci Dery yang berjualan di depan Masjid Raya Al Fatah Ambon, Minggu (12/5/2019), mengatakan, penjualan peci mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan hari biasa.

"Sejak awal Ramadhan penjualan peci cukup banyak dibanding hari biasa, tetapi permintaannya belum terlalu tinggi dibandingkan tahun lalu, kemungkinan karena baru awal puasa tetapi alhamdulillah hasilnya cukup baik," katanya.

Ia mengatakan peci yang dijual beragam motif mulai dari peci hitam atau peci nasional, model Turki, Malaysia, peci bulat, hingga peci haji. Harga yang ditawarkan juga beragam mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000.

Model yang diminati masyarakat umumnya peci nasional. "Peci nasional masih menjadi pilihan pembeli, tetapi beberapa model lainnya juga diminati seperti model Turki dan Malaysia."

Hasan, pedagang lainnya, juga menyatakan pembeli kebanyakan membeli peci pada malam hari menjelang dan selesai salat Tarawih, serta saat salat Jumat.

"Walaupun penjualan meningkat, saya tidak menaikkan harga barang dagangan, yang penting terjual cukup untuk memenuhi kebutuhan saya dan keluarga jelang lebaran," katanya.

Selain menjual peci, Hasan juga menjual barang-barang penunjang beribadah seperti baju koko, mukena, surban, sarung dan parfum dari Arab.

Dia menambahkan keuntungan yang didapatnya meningkat  dua kalu lipat hari hari biasa.

"Omzetnya bisa mencapai Rp500.000 per hari, biasanya menjelang lebaran permintaan akan meningkat lagi," kata Hasan.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ambon, Ramadan

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup