Memaknai Bulan Suci Ramadan Melalui Pemberdayaan Ekonomi Umat

Bulan suci Ramadan dapat dimaknai bukan hanya saat untuk menjalankan ibadah puasa saja. Ramadan juga dapat digunakan untuk mendorong pemberdayaan ekonomi umat.
Ilustrasi-Barista menyajikan kopi di sela-sela pembukaan Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2017 di Jakarta, Jumat (8/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – Bulan suci Ramadan dapat dimaknai bukan hanya untuk menjalankan ibadah puasa. Ramadan juga dapat digunakan untuk mendorong pemberdayaan ekonomi umat.

Salah satu bentuk pemberdayaan tersebut dilakukan melalui pelatihan dan Festival Kopi yang diselenggarakan Santri Millenial Center (Simac) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Presiden Direktur Simac Nur Rohman berharap Festival Kopi tersebut dapat mengangkat brand kopi-kopi Nusantara. Selain itu, untuk mendorong pemberdayaan ekonomi umat, dalam acara ini diadakan pelatihan barista secara gratis.

“Kami harapkan nanti para peserta barista ini akan mendapatkan kesempatan permodalan untuk usaha kopi,” ujarnya di sela kegiatan Festival Kopi yang diselenggarakan di Plaza Semanggi, dalam rilis yang diterima Bisnis, Minggu (19/5/2019).

Para peserta pelatihan barista didominasi anak-anak muda yang memiliki keingintahuan tinggi tentang dunia kopi. Pelatihan barista secara gratis tersebut tentu tidak disia-siakan para anak muda. Jika mengikuti pelatihan barista di tempat lain setidaknya mereka harus merogoh kocek Rp2 juta hingga Rp3 juta.

“Beruntung sekali saya dan teman-teman bisa ikut hadir di pelatihan ini karena bisa jadi bekal kami untuk bisa menjadi barista, saya sendiri ada keinginan untuk usaha kopi”, ujar Farhan peserta asal Kembangan, Jakarta Barat.

Sementara itu, Bidang Pemberdayaan Baznas, Eka mengatakan untuk menunjang perkembangan kopi, di bagian hulu pihaknya sudah menginisiasi pemberdayaan petani kopi Toraja.

“Pada bagian hilirnya sebagai pemasaran program, kami hari ini menggagas adanya bicyle Coffee yang kami namakan Kopi Kampung,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kopi, Ramadan

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top