Kantong Sering Bolong Saat Ramadan, Ini 5 Solusinya

Kantong Sering Bolong Saat Ramadan, Ini 5 Solusinya
Ilustrasi-Seorang pelanggan menggunakan Go-Pay untuk berbelanja buah di Pasar Modern Town Market, Kota Tangerang pada Kamis (4/4/2019). - Bisnis/Leo Dwi Jatmiko

Bisnis.com, JAKARTA - Meski ritme makan berkurang, nyatanya Ramadan kerap membuat kantong bolong. Penggunaan uang berlebihan untuk membeli menu makanan kerap menjadi bumerang bagi keuangan keluarga.

Banyak kalangan beranggapan bulan puasa akan membuat pengeluaran menurun. Pasalnya kegiatan makan dibatasi dari 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari. Namun nyatanya banyak keluarga mengalami kebobolan anggaran belanja pada saat Ramadan.

Para ibu cenderung menyediakan hidangan yang lebih lengkap, lezat dan bergizi pada saat berbuka dan sahur. Hal ini untuk mendukung keluarga saat menjalani puasa.

Situs berhemat Indonesia CupoNation merangkum 5 tips khusus untuk para ibu agar tetap hemat di bulan puasa, namun tetap dapat menghidangkan makanan yang lezat dan bergizi untuk keluarga.

1. Menyiapkan budget khusus Ramadan.

Menyiapkan budget khusus untuk Ramadan dalam bentuk bulanan atau harian. Upaya ini dapat membantu keluarga memantau pengeluaran dan menghindarkan diri dari overspending. Anggaran belanja yang telah ditetapkan cenderung membuat para ibu lebih fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan dan menekan pengeluaran yang tak perlu.

Untuk memonitor pengeluaran agar anggaran belanja, para ibu dapat memanfaatkan aplikasi expense manager seperti Money Lover yang dapat diunduh secara gratis.

2. Membuat daftar menu selama Ramadan.

Dengan membuat daftar menu selama Ramadan, para ibu dapat mengestimasi bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk memasak. Langkah tersebut membantu para ibu lebih cermat dalam berbelanja. Selain itu, bahan-bahan yang dibeli dapat digunakan secara maksimal tanpa ada yang terbuang.

Daftar menu Ramadan juga membuat para ibu lebih ekonomis dalam memberikan hidangan yang lezat dan bergizi. Cek beberapa resep masakan online untuk mempermudah para ibu dalam merancang menu Ramadan.

Lihatlah beberapa resep Ramadan mudah untuk sahur pagi dan malam hari untuk menginspirasi dan membantu Anda merencanakan makanan.

3. Cek promo Ramadan.

Selama Ramadan banyak promo yang bertebaran dan tentu sangat bermanfaat. Namun para ibu tetap harus berhati-hati dan mengontrol diri saat membeli barang. Agar tetap bijak dalam menyikapi promosi Ramadan yang menggoda, mulailah untuk membuat list barang yang dibutuhkan dan cek katalog promosi dari berbagai tempat.

Daftar promo dan katalog supermarket juga dapat di cek secara online melalui beberapa situs seperti Hemat.id dan Harga Katalog.

4. Membeli makanan yang sudah jadi

Jika para ibu merasa terlalu lelah untuk memasak, membeli makanan jadi menjadi alternatif yang dapat digunakan. Cukup dengan memasak nasi, para ibu hanya perlu membeli lauk dan sayur untuk dihidangkan bersama keluarga. Namun wajib diingat, harus tetap di dalam budget yang ditentukan ya moms!

5. Membandingkan harga buffet Ramadan

Sah-sah saja jika sesekali para ibu ingin merasakan nikmatnya berbuka puasa dengan buffet Ramadan bersama keluarga. Namun membandingkan harga buffet dan menu yang ditawarkan di beberapa hotel dan restoran perlu dilakukan.

Para ibu dapat menggunakan situs pencarian restoran seperti Eatigo untuk membandingkan harga paket Ramadan serta diskon terbaik yang ditawarkan.

Jangan lupa selalu menghabiskan makanan. Beberapa restaurant dan hotel memiliki aturan di mana akan ada biaya tambahan yang dikenakan jika kita tidak mampu menghabiskan makanan yang diambil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
belanja

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top