Ayo Nikmati Wisata Religi Saat Mudik Idulfitri

Mudik telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Lebaran. Dalam perjalanan pulang ke kampung halaman, cobalah singgah di berbagai objek wisata religi.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 30 Mei 2019  |  21:14 WIB
Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu ikon Provinsi Aceh di Banda Aceh. - Antara/Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA – Mudik telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Lebaran. Dalam perjalanan pulang ke kampung halaman, cobalah singgah di berbagai objek wisata religi untuk merasakan pengalaman spiritual yang mengesankan.

Indonesia memang kaya akan wisata religi. Sebut saja ziarah ke makam Wali Songo di Jawa, merupakan wisata religi yang termasuk sering dilakukan masyarakat Indonesia, bukan hanya mereka yang bermukim di Jawa, melainkan juga dari luar luar Jawa.

Kekayaan wisata religi di Bumi Nusantara pun bukan hanya yang berkenaan dengan agam Islam. Mengingat ribuan tahun silam di Nusantara telah ada kerajaan Hindu dan Budha, maka wisata religi pun erat dengan kedua agama tersebut. Sebut saja Candi Borobudur, Mebdut, dan banyak lagi candi lainnya.

Wisata religi di tanah Sumatra pun banyak dan layak dikunjungi. Ambil contoh yang paling mudah saja ialah begitu banyak masjid di berbagai daerah di Pulau Andalas ini yang menarik untuk Anda kunjungi ketika mudik Idulfitri.

Begitu pula dengan daerah-daerah lain di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara.

Berikut pemaparan tentang wisata religi sebagaimana disajikan melalui infografis Antara:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, wisata religius

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top