Kurma Ajwa Dijual Hingga Rp350.000 per Kg

Bulan Ramadan tak lengkap rasanya tanpa hidangan kurma. Salah satu pusat pembelian kurma terbesar di Jakarta ada di Pasar Tanah Abang yang menjual beragam jenis buah khas bulan puasa itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  23:16 WIB
Kurma Ajwa dijual di Pasar Tanah Abang, Jakarta. - Antara/Laily Rahmawaty

Bisnis.com, JAKARTA – Bulan Ramadan tak lengkap rasanya tanpa hidangan kurma. Salah satu pusat pembelian kurma terbesar di Jakarta ada di Pasar Tanah Abang yang menjual beragam jenis buah khas bulan puasa itu.

Di sana, belasan jenis kurma berbagai rasa dijual dengan harga mulai dari Rp20.000 per kg hingga Rp350.000 per kg.

Kurnia Purna Yudha, 19 tahun, pedagang kurma Toko Mina di Blok B lantai LG, mengatakan kurma paling mahal itu bernama Ajwa, harganya mulai dari Rp300.000 per kg sampai dengan Rp350.000 per kg.

Kurma Ajwa memiliki bentuk agak bulat, berukuran kecil dari kurma biasanya, warnnya agak gelap atau hitam, teksturnya daging lembut dan legit.

Menurut Kurnia, harga kurma Ajwa mahal karena dikenal memiliki banyak khasiat, selain menambah stamina, juga baik untuk kesehatan.

"Kurma Ajwa itu dikenal sebagai kurma yang sering dikonsumsi oleh Rasul (Nabi Muhammad SAW)," kata Kurnia.

Pedagang kurma ini tersebar di sejumlah lokasi, ada di Blok B, Blok C, Blok F dan CTA Pasar Tanah Abang, bahkan selama Ramadan ini ada stand bazar kurma yang disediakan pengelola Pasar Tanah Abang di Blok B lantai LG atau dekat arah ke Stasiun Tanah Abang.

Sejak dulu harga kurma Ajwa selalu lebih tinggi dari kurma-kurma lainnya. Bahkan pada tahun 2012 harga kurma Ajwa Rp120.000 per kg. Kini harga menyesuaikan biaya tarif impor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ramadan, kurma

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top