Jelang Lebaran, Persiapkan Layout Rumah yang Tepat untuk Sambut Tamu

Penting untuk mendesain layout rumah yang tepat agar suasana silaturahmi Lebaran lebih kondusif dan lancar.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  11:53 WIB
Ilustrasi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Momen Lebaran merupakan momen besar bagi umat Islam yang secara tradisi Indonesia juga dimaknai sebagai momen untuk bersilaturahmi keluarga besar setahun sekali.

Maka tidaklah aneh jika pemandangan rumah-rumah dipenuhi oleh tamu, baik dari keluarga maupun tamu kenalan pada setiap momen Lebaran. Akibatnya, rumah akan terasa penuh sesak sesaat ketika menerima tamu-tamu tersebut.

Desainer Interior dari D30designworks Happy Aldyanto mengatakan dengan tradisi di momen Lebaran yang seperti itu, hal penting yang harus diperhatikan adalah memperkirakan jumlah tamu yang kemungkinan bakal datang.

“Dengan begitu, secara otomatis kita akan menyiapkan space di rumah kita, berikut dengan perkiraan tempat duduknya,” tuturnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Happy melanjutkan perlu juga diperhitungkan alur tamu ketika mengambil makanan. Sebab, dalam tradisi Lebaran di Indonesia, tamu-tamu yang datang pasti disuguhkan dengan makanan-makanan khas Lebaran di setiap rumah.

Oleh sebab itu, layout ruang tamu dan ruang makan diupayakan cukup untuk sirkulasi orang datang dan keluar.

Menurutnya, layout yang paling umum untuk kedua ruangan tersebut adalah seluruh kursi yang ada diletakkan di sisi menempel dinding dan posisi meja tamu, atau meja makan ada di tengahnya.

“Dengan layout seperti itu, sudah bisa dipastikan bahwa sirkulasi tamu datang dan keluar akan relatif lancar,” jelas Happy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lebaran, Desain Interior

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top