JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Menengok Tradisi Lebaran di Kampung Muslim Bali

Untaian janur kuning dipadu dengan bunga mitir menyambut Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 di Kampung Islam Kepaon, Pemogan, Denpasar, Bali.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 05 Juni 2019  |  12:28 WIB

Bisnis.com, DENPASAR - Untaian janur kuning dipadu dengan bunga mitir menyambut Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 di Kampung Islam Kepaon, Pemogan, Denpasar, Bali.

Seusai menjalankan Salat Hari Raya Idulfitri di Lapangan Puputan Margana Renon, Tim Jelajah menyempatkan diri singgah di kampung ini untuk menengok tradisi Lebaran di provinsi dengan mayoritas pemeluk Hindu ini.

Tak hanya di bagian depan, janur kuning dan bunga mitir juga menjuntai sepanjang koridor yang menghubungkan gapura kampung dengan permukiman warga.

Muhammad Tahir, Ketua Yayasan Anak Yatim Darull Falah Kepaon menuturkan, dekorasi janur kuning dan bunga mitir tersebut digunakan saat perayaan malam takbiran, sehari sebelumnya.

Tahir mengatakan, tradisi malam takbiran di Kampung Kepaon meliputi pawai obor keliling desa. Uniknya, acara perayaan tersebut dimeriahkan oleh penampilan balijagur dan barongsai.

"Tadi malam umat yang lain juga menyatu di tempat ini, " katanya kepada Tim Jelajah, Rabu (5/6/2019).
Sesudah memeriahkan malam takbiran, barulah pagi harinya masyarakat melakukan Salat Hari Raya dan dilanjutkan dengan bersilaturahmi dengan sanak kerabat dan tetangga.

Tahir menurutkan, kegiatan silaturahmi Lebaran di kampung yang seluruh penduduknya muslim ini berjalan seperti layaknya di daerah lain. Hampir serupa dengan Jakarta sebagai pusat keramaian, Denpasar khususnya Kampung Kepaon juga ditinggalkan pendatang mudik ke kampung halamannya, yang rata-rata berada di Pulau Jawa.

Pagi tadi, sejumlah warga juga berkunjung ke rumah Tahir yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Al-Muhajirin Kepaon. Masjid megah dengan dua menara ini selesai dibangun pada 2015 dan menjadi pusat aktivitas religius di Kepaon.

Tahir yang mengaku asli Bali mengatakan tidak ada hidangan khusus yang disuguhkan saat Lebaran. Warga menyediakan kudapan khas Lebaran seperti opor ayam dan ketupat bagi tamu yang berkunjung.

Selain itu, ada pula warga Denpasar yang menyediakan kari, gulai, dan nasi tomat saat menyambut tamu yang bersilaturahmi Lebaran.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Maria Yuliana Benyamin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top