Ngabuburit, Tradisi Ramadan yang Terhambat Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat sejumlah taman yang ada di wilayah Purwakarta tak bisa digunakan untuk ngabuburit warga.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 13 April 2021  |  14:55 WIB
Loading the player ...
Taman Sri Baduga Purwakarta, tak bisa dijadikan lokasi ngabuburit demi menghindari kerumunan massa selama pandemi Covid-19. - Youtube/Kemenparekraf

Bisnis.com, PURWAKARTA – Ngabuburit atau menanti sore tiba menjelang azan Magrib merupakan tradisi tahunan sebagian besar umat Islam di Jawa Barat. Begitu pula di Purwakarta.

Tatkala menunggu waktu berbuka puasa, masyarakat ngabuburit (menunggu burit atau menunggu sore/petang) sambil melakukan beragam kegiatan.

Kegiatan itu mulai dari sekadar jalan-jalan di taman kota dan tempat-tempat indah lainnya hingga berburu kebutuhan sandang dan pangan sembari menunggu adzan magrib berkumandang.

Di Kabupaten Purwakarta, selama ini ada beberapa tempat favorit untuk ngabuburit. Taman tematik rancangan pemerintah adalah salah satunya.

Di pusat kota Purwakarta terdapat enam taman indah, antara lain Taman Sri Baduga yang terkenal dengan Air Mancurnya yang disebut-sebut terbesar se-Asia Tenggara.

Adapula Taman Citra Resmi dan Taman Surawisesa. Lokasi keduanya masih satu komplek dengan Sri Baduga, yakni di sekitar Jalan KK Singawinata atau wilayah Situ Buleud (Danau Bundar).

Selain itu, ada juga taman besar di sekitar Jalan Ganda Negara, tepatnya di komplek perkantoran Pemkab Purwakarta.

Taman Maya Datar, Purwakarta./Bisnis-Asep Mulyan

Di lokasi itu, ada tiga taman indah, masing-masing Taman Pancawarna, Taman Maya Datar, dan Taman Pasanggarahan Padjdjaran (alun-alun).

Selama ini, hampir seluruh taman yang ada menjadi lokasi ngabuburit masyarakat. Kala sore tiba, di momen puasa Ramadan ratusan warga yang kebanyakan remaja atau anak baru gede (ABG) berbondong-bondong ke sana.

Mereka mendatangi lokasi yang memang sudah dihias cukup indah oleh pemerintah setempat. Taman-taman ini, cocok untuk sekedar jalan-jalan ataupun foto-foto.

Tak hanya di pusat kota, lokasi indah yang kerap menjadi lokasi ngabuburit pun tersebar di sejumlah wilayah. Untuk di wilayah Purwakarta selatan terdapat Situ Wanayasa yang masih menjadi lokasi favorit.

Namun sayang, momen Ramadan tahun ini lokasi-lokasi tersebut tak bisa dijadikan tempat Ngabuburit. Pandemi Covid-19 membuat lokasi-lokasi tersebut ditutup guna meminimalisasi kerumunan massa.

“Tidak boleh dulu. Demi kebaikan bersama, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. Harap seluruh pihak memakluminya,” ujar Kepala Bidang Pariwisata, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Acep Yulimulya. 

Mulai hari ini, Selasa (13/4/2021) masyarakat Indonesia menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Untuk mengetahui jadwal buka dan imskiyah Ramadan 1442 Hijriah/2021 silakan klik tautan berikut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ngabuburit, purwakarta, Covid-19

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top