Sehat dan Enak, Ini 5 Rekomendasi Takjil Buka Puasa

Ada rekomendasi takjil yang sehat dan enak, serta cukup aman dikonsumsi oleh tubuh saat berbuka puasa.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 13 April 2021  |  16:27 WIB
Rekomendasi takjil sehat dan enak saat berbuka puasa.

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah ditetapkan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021, maka hari ini merupakan hari pertama bagi masyarakat muslim menjalankan ibadah puasa.

Pada saat berpuasa seperti sekarang ini, hal yang menjadi ciri khasnya adalah momen berbuka puasa dengan mencari takjil. Anggapan berbukalah dengan yang manis menjadi salah satu kalimat yang membuat banyaknya takjil-takjil manis yang beredar ketika hendak jam waktu berbuka puasa.

Berikut 5 rekomendasi takjil yang pas untuk berbuka puasa :

1. Kolak

Bukan bulan puasa jika tidak ada yang berjualan kolak. Makanan yang khas dengan kuah santan, gula aren dan pandan ini merupakan primadona takjil berbuka puasa bagi masyarkat.

Banyak variasi dari kolak ini, namun yang menjadi primadona adalah kolak pisang dan kolak biji salak. Menu ini pas untuk berbuka puasa sebab kandungan yang ada dalam kolak bisa membuat tubuh kembali segar lagi.

takjil sehat ramadan

2. Es Buah

Selain kolak, es buah juga merupakan primadona minuman yang laris manis ketika bulan puasa tiba.

Minuman yang didalamnya terdapat beragam macam buah ini akan ditambahkan dengan es serut diatasnya dan susu kental manis yang banyak diatasnya. Minuman ini cocok untuk berbuka karena kesegaran yang ada didalamnya.

es buah tajil ramadan lezat

3. Serabi

Makanan khas Indonesia yang terkenal dengan ciri khas kuah manisnya ini sangat cocok untuk berbuka puasa. Meskipun jarang dijadikan santapan takjil, namun serabi sangatlah cocok menjadi hidangan pembuka untuk berbuka puasa.

Sebab kandungan serat dan gula yang ada didalamnya bisa membuat tubuh kembali bugar setelah berpuasa seharian.

serabi takjil makanan tradisional sehat bergizi

4. Es Kacang Merah

Es ini jarang sekali ditemukan jika belum masuk bulan puasa, namun jika sudah masuk sedikit gampang untuk menemukan es ini. Es kacang merah sangatlah cocok untuk diminum ketika berbuka puasa, sebab kandungan yang ada di dalam minuman ini dapat menghilangkan dahaga dengan cepat, serta kacang merahnya bisa sebagai pengganti Karbohidrat juga.

es kacang merah makana takjil yang sehat

5. Kurma

Meskipun bukan takjil seperti makanan dan minuman diatas, kurma sangatlah cocok dimakan ketika berbuka puasa. Seperti apa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, bahwa memakan kurma saat berbuka puasa.

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air” (HR Abu Dawud).

Selain itu juga kurma memiliki kandungan yang baik untuk orang yang menjalankan ibadah puasa, karena dapat mengganti stamina atau kalori yang hilang ketika berpuasa.

kurma takjil nabi muhammad

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
makanan, Ramadan, takjil

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top