Sembilan Cara Agar Tetap Semangat Beribadah Ramadan

Ramadan adalah bulan saling peduli untuk membentuk ikatan sosial yang kuat berdasarkan rasa saling mendukung dan menyejahterakan sesama.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2021  |  07:50 WIB
Ilustrasi - REUTERS/Navesh Chitrakar

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan tahun ini seperti tahun sebelumnya. Hampir seluruh umat muslim menjalaninya di tengah pandemi.

Meski begitu, Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan semangat di bulan Ramadan ini.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tetap positif dan bersemangat menjalan ibadah Ramadan saat pandemi, seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

1. Peduli dan mendukung

Ramadan adalah bulan saling peduli untuk membentuk ikatan sosial yang kuat berdasarkan rasa saling mendukung dan menyejahterakan sesama.

Menjaga semangat Ramadan tetap hidup dengan peduli dan mendukung mereka yang membutuhkan, tetapi dari jarak yang aman. Ingat, jika ingin tetap sehat dan bugar, Anda baru bisa membantu orang lain.

2. Berdoa dan berbagi

Ramadan adalah bulan penuh berkah. Berdoa untuk yang sakit dan membutuhkan dan berharap untuk kenyamanan mereka, bersama dengan berbagi makanan, pakaian dan kebutuhan lainnya dengan yang miskin.

3. Bagikan makanan dengan aman

Jika Anda ingin membantu orang lain selama Ramadan dengan membagikan makanan, pertimbangkan untuk melakukannya dengan langkah-langkah keamanan yang tepat.

Caranya dengan membagikan boks yang sudah dikemas sebelumnya, memberikan makanan dari jarak yang aman dan memakai masker saat membagikan.

4. Beramal secara digital

Selama Ramadan, Anda dapat beramal dengan aman, atau melakukan amal sendiri melalui cara-cara digital seperti metode pembayaran online. Hindari melakukan amal secara tunai karena dapat meningkatkan risiko penularan virus.

5. Selenggarakan acara kecil dengan aman

Acara di tengah Covid-19 sangat dibatasi, kecuali untuk upacara tertentu seperti pernikahan dengan kerumunan minimal 50-100 orang.

Kecuali penting, batasi diri Anda dari mengadakan acara kecil seperti pesta makan malam, dan bahkan jika Anda melakukannya, batasi kerumunan hingga 10-20 orang dengan protokol keamanan yang tepat.

Selain itu, pastikan ada fasilitas ventilasi yang baik di dalam ruangan dan simpan nama pengunjung untuk pelacakan kontak.

6. Berinteraksi dengan keluarga

Ramadan ini, jangan biarkan anggota keluarga Anda tinggal sendiri dan terlibat dengan mereka, dengan menjaga protokol jarak yang aman.

Pandemi telah mempengaruhi banyak orang secara fisik dan mental. Oleh karena itu, berikan cinta Anda kepada orang-orang tersayang karena dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan mental mereka dan mengurangi kecemasan dan gejala depresi.

7. Selenggarakan pertemuan virtual

Pertemuan virtual adalah cara terbaik untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman Anda serta menjaga semangat Ramadhan tetap hidup.

Lakukan itu dengan panggilan video atau cukup menelepon orang yang Anda cintai dan periksa kesehatan mereka.

8. Menjaga protokol kesehatan di masjid

Jika Anda mengunjungi masjid untuk salat selama Ramadan, terapkan protokol kesehatan di tempat ibadah. Termasuk menjaga jarak yang aman dari orang lain, mengenakan masker, tidak berkunjung jika Anda sakit, membawa pembersih alkohol dan memastikan tempat tersebut memiliki fasilitas sabun dan air yang memadai serta fasilitas pembersihan.

9. Mendorong orang lain untuk divaksin

Vaksin selama Ramadan tidak membatalkan puasa karena diberikan secara intravena, dan tidak secara oral.

Sebarkan berita ini kepada orang lain yang menjauhkan diri dari vaksin karena berpuasa.

Buat mereka saar, bagaimana vaksinasi merupakan langkah penting untuk mengontrol penularan virus, dan membangun sistem kekebalan yang kuat untuk mengatasi pandemi.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ramadan, Covid-19

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top