4 Aplikasi Ini Bisa Untuk Bayar Zakat Fitrah Online

Saat ini membayar zakat fitrah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi. Kemuudahan ini bisa dimanfaatkan bagi Anda yang tak punya waktu untuk datang langsung ke masjid.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 12 Mei 2021  |  10:50 WIB
Ilustrasi. Umat muslim membayarkan zakat fitrah kepada panitia amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/6/20219). - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki hari kemenangan setelah Ramadan, membayar zakat fitrah menjadi hal wajib bagi kaum muslim. Bagi Anda yang belum sempat untuk melaksanakan ibadah ini, jangan khawatir.

Saat ini membayar zakat fitrah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi. Kemuudahan ini bisa dimanfaatkan bagi Anda yang tak punya waktu untuk datang langsung ke masjid.

Berikut adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk pembayaran zakat fitrah :

1. OVO

Pada aplikasi OVO terdapat menu pilihan untuk membayar zakat secara daring. Setelah membuka aplikasi OVO, pilih menu kategori Donasi.

Kemudian, di sana ada berbagai pilihan lembaga penyalur donasi atau zakat tepercaya, mulai dari Baznas, BenihBaik, Dompet Dhuafa, hingga Kita Bisa.

Jika sudah memilih lembaga penyaluran, nantinya ada menu untuk menulis nominal yang akan didonasikan. Jumlah yang bisa didonasikan mulai dari 5.000 hingga 1 juta.

2. Bukalapak

Aplikasi Bukalapak memiliki menu Bukazakat untuk memudahkan pengguna membayar zakat fitrah. Setelah masuk di menu Bukazakat, pilih jenis zakat yang ingin di donasikan. Kemudian, cantumkan nominal yang ingin dialokasikan. Minimal pembayaran adalah Rp10.000.

Lalu pilih lembaga yang akan menyalurkan zakat fitrah. Di sana ada NU Care-Lazisnu, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan lain-lain.

Kemudian, cantumkan nama lengkap pembayar zakat, dan pilih bayar. Setelah keluar tanda centang, maka transaksi selesai dilakukan.

3. Gojek

Aplikasi Gojek juga bisa digunakan untuk membayar zakat fitrah. Caranya dengan melalui menu Gotagihan&pulsa.

Setelah masuk menu tersebut, Anda dapat memilih layanan transaksi yang direkomendasikan, seperti Baznas, Dompet Dhuafa, ACT, dan lain sebagainya.

Lalu masukan nominal zakat fitrah, nantinya itu akan memotong dari saldo Gopay Anda.

4. Tokopedia

Tokopedia turut menghadirkan laman khusus untuk pembayaran zakat fitrah secara online. Caranya melalui laman tokopedia.com/s/zakat-fitrah.

Setelah masuk laman tersebut, masukkan jumlah zakat fitrah pada kolom yang disediakan. Pembayarannya Rp45.000 per orang. Anda juga bisa menuliskan nama yang membayar zakat. Setelah itu, login ke akun Tokopedia dan lakukan pembayaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aplikasi, zakat fitrah, NU CARE, Lazisnu

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top